Jumat, 17 Mei 2019

Santri yang Meniti Karir Sebagai Pelaut/Crew Kapal Pesiar, Setelah 9 Bulan Proses Langsung Bisa Berlayar

Berawal dari punya banyak teman yang bekerja di luar negeri seperti di Korea, Taiwan, Hongkong, Singapura, bahkan ada juga beberapa teman yang bekerja sebagai TKI di Timur Tengah. Hal tersebut membuat saya tertarik untuk bekerja di luar negeri sebagai TKI karena mengetahui kebanyakan teman-teman yang pulang dari bekerja di luar negeri tersebut selalu pulang dengan banyak uang. Kebanyakan dari mereka setelah pulang dari luar negeri membangun rumah yang besar dan bagus, sebagian lagi penghasilannya yang dari bekerja sebagai TKI dijadikan modal usaha, tapi ada juga yang buat bersenang-senang mengikuti gaya hidup orang berduit. Lalu saya membulatkan tekad untuk bekerja di luar negeri dengan profesi sebagai Pelayan di Floating Hotel (Kapal Pesiar/Hotel terapung).
Keputusan saya memilih Profesi seperti itu karena saya dengar info dari beberapa teman bahwa jika memiliki keahlian dalam bahasa inggris maka sebaiknya melamar jadi Crew Kapal Pesiar aja karena gajinya besar. Hunting lowongan kerja di kapal pesiar dulu saya lakukan dengan tiap hari membeli surat kabar ibukota, dan saya melengkapi diri dengan Kursus Perhotelan Program 6 Bulan (semi diploma) dan juga mengikuti program kerja Part Timer di restaurant, hotel, bahkan pub atau club malam kadang jadi dish washer, kalau beruntung jadi Bush boy atau Waiter. Sampai suati hari saya membaca ada Travel Agen dengan nama Nitour Indo yang beralamat di Jl. Majapahit Jakarta membutuhkan banyak Crew Kapal, dan tanpa banyak pertimbangan dengan diawali dengan Do'a dan mohon pertolongan Allah saya berangkat ke tempat Travel Agent tersebut, waktu itu saya diterima manager personalia travel agent yang bernama KRT Sugioro Martohusodo, dan Manager dari Perusahaan Pelayaran Holland America Line (HAL) yang bernama Mr Heisman. Alhamdulillah wa syukurillah saya diterima dan diberi jabatan sebagai GPA Crew Messroom, awalnya saya ngga ngerti nanti kerjanya apa ya  jabatan saya itu? tapi saya sudah bertekad pokoknya apapun yang terjadi saya harus berangkat bekerja di Kapal Pesiar. Lalu saya diminta mengurus semua dokumen kelautan, dan karena saya awam dengan pengurusan ini lalu saya menghubungi biro jasa untuk pengurusan ini, Alhamdulillah semua dokumen seperti Passpor, Buku Pelaut (seamen book) dan buku anggota KPI (Kesatuan Pelaut Indonesia) selesai juga di urus. Semua dokumen itu saya serahkan kepada Management Personalia, Sugioro, singkat cerita saya langsung dikasih planing berlayar dengan Kapal yang bernama MS Noordam yang berbendera Belanda dan Joint di Pelabuhan Van Couver Canada.

Ternyata jabatan GPA Crewmessroom seperti yang tertera di kontrak kerja saya yaitu yang pekerjaannya melayani Restaurant untuk seluruh crew se-kapal, 700 Indonesian crew, 300 Filippina crew, dan 100 lainnya dari berbagai negara. dan GPA Crew mess terdiri dari dua Juru masak utama, lima asisten juru masak, tiga penyaji makanan perasmanan. dua cleaning service, dan dua dish washer.

Hidup sebagai pelaut (crew kapal pesiar) banyak sekali liku-liku dan tantangannya. Standar kerja, standar hidup adalah berdasarkan standar perusahaan, sedangkan standar sanitasi/kebersihan adalah berdasarkan USPH (United State Public Health)/Dewan Pemeriksa Sanitasi dan Kesehatan Amerika.
Awalnya sangat berat sekali penyesuaian diri dengan itu semua, tapi dari kesibukan sehari-hari dalam rutinitas akhirnya semua terbiasa juga. Ternyata Crew juga bisa menikmati keluar kapal untuk jalan-jalan (Go Ashore) ketika jam kerja off. dan waktu-waktu seperti itu sangatlah berharga sekali bagi crew kapal/pelaut untuk sekedar refresing atau belanja kebutuhan hidup, atau ikut touring dengan Passenger (penumpang kapal). Gajian diterima setiap dua minggu sekali besannya relatif tidak sama berdasarkan tingkat jabatannya, dan ketika di tukar dengan rupiah, wow lumayan banyak.
Adapun jabatan-jabatan di kapal pesiar meliputi:
1. Captain / Kapten Kapal
2. Officer / Mualim (terdiri dari mualim 1 (Chief Officer) sampai mualim 4, dan calon mualim/kadet
3. Chief Enginer/Kepala bagian mesin beserta anak buahnya
4. Hotel Manager (yang menangani bagian perhotelan dan fasilitas akomodasi dan restauran untuk Passenger (penumpang kapal). lamanya kontrak kerja sebagai crew kapal pesiar adalah kuang dari 1 tahun, antara 10 - 12 bulan, kecuali kalau crew memperpanjang kontrak.

Adapun Rute Pelayaran adalah Alaska (jika musim panas/alaska season) dan Carribean jika musim dingin alaska. Ombak di rute pelayaran Alaska dan Carribean relatif tenang, jadi sangat sesuai bagi jalur pelayaran. Dan perlu di ketahui bahwa perusahaan internasional sangat suka sekali dengan crew dari indonesia yang profesional dan mampu berbahasa inggris dengan baik, so buat lulusan Sarjana, terutama dari sekolah perhotelan, lowongan kerja sebagai pelaut di kapal pesiar masih cukup menjanjikan bagi masa depan anda, tapi modalnya harus punya tekad yang kuat, kekuatan do'a dan pertolongan Allah, serta modal keahlian bahasa inggris dan perhotelan.

Sekian dulu tulisan dari saya, semoga bermanfaat.



dari Mantan Pelaut untuk Calon Pelaut

Tidak ada komentar:

Posting Komentar